Januari, Harga BBM Non Subsidi Bisa Turun

Ekbis

NOTULA – Pemerintah tidak bisa menekan badan usaha penjual bahan bakar minyak (BBM) seperti Pertamina, AKR, Shell, Total dan Petronas dalam hal menentukan harga BBM non subsidi.

“Sikap Kementerian ESDM yang dilakukan Dirjen Migas dengan menekan badan usaha merupakan tindakan melanggar hukum,” kata Direktur Eksekutif Center of Energy and Resources Indonesia (CERI), Yusri Usman, Sabtu (1/12).

Peraturan yang dilanggar adalah Peraturan Presiden Nomor 191/2014 yang telah direvisi dengan Perpres Nomor 43/2018 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga BBM.

“BBM umum itu wewenang badan usaha dalam menentukan harga keekonomiannya setiap saat, yang bisa diatur pemerintah itu harga BBM subsidi,” ujar Yusri.

Namun, lanjut dia, meski harga minyak dunia turun dratis pada November 2018, lazimnya perhitungan harga keekonomian BBM dihitung setiap bulan dengan rata-rata nilai tukar rupiah setiap bulannya juga.

“Sehingga, lazimnya awal Januari 2019 badan usaha baru bisa menurunkan harga BBM-nya,” tutup Yusri, seperti dikutip dari rmol.co.