Janji Jokowi Bebaskan Ba’asyir Pekan Ini Dipegang Teguh TPM

Nasional

NOTULA – Janji Presiden Joko Widodo yang akan membebaskan pendiri Jamaah Anshorut Tauhid (JAT), Ustaz Abu Bakar Ba’asyir, dalam waktu dekat, benar-benar dipegang teguh Tim Pengacara Muslim (TPM).

Sementara untuk teknis pembebasan, Ketua Dewan Pembina TPM, M Mahendradatta, mengaku masih menunggu finalisasi dari pihak Lapas Gunungsindur. Dia juga menunggu janji dari Kuasa Hukum Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Yusril Ihza Mahendra.

“Semua itu diperkuat juga oleh pernyataan Presiden (Jokowi) waktu di Garut,” tegas Mahendradata, seperti dikutip dari rmol.co, Senin (21/1).

Dia mengaku tidak ada syarat yang memberatkan pembebasan tersebut. Yusril, sambungnya, juga telah menjamin pembebasan Abu Bakar Ba’asyir tanpa syarat. “Nggak ada syarat kok,” tegasnya.

Mahendra sendiri menargetkan pembebasan Ba’asyir bisa selesai pada pekan ini, sebagaimana pernah dijanjikan Yusril. “Sesuai janji, ya minggu ini habis,” pungkasnya.

Sementara itu, di Garut, Jokowi pernah menyatakan bahwa dirinya membebaskan Abu Bakar Ba’asyir karena dua alas an, pertama kemanusiaan, karena Ba’asyir sudah sepuh. Kedua, kondisi kesehatan Ba’asyir kian memburuk.