Jangan Remehkan Rencana Pindah Markas Prabowo-Sandi ke Jateng

Nasional

NOTULA – Demi menggenjot perolehan suara, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berencana pin posko ke Jawa Tengah, yang selama ini menjadi basis PDI Perjuangan, partai utama pengusung Jokowi Ma’ruf Amin.

“Jangan anggap remen pindahnya Posko Prabowo-Sandi ke Jawa Tengah. Artinya, serangan darat di daerah itu akan makin masif, dan tentu berpotensi membobol lumbung suara Jokowi,” ulas analis politik Indostrategi, Arif Nurul Imam, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (12/12).

Menurut dia, pada Pilpres 2014 kemarin Jokowi Menang telak dengan selisih suara sekitar 6 juta. Karena itu, langkah tim Prabowo ini bisa dimengerti, sebagai upaya merebut suara di kantong Jokowi.

“Salah satu cara menggenjot elektabilitas, di antaranya harus sering bertatap muka dengan masyarakat, sehingga pindahnya posko ini juga berdampak pada potensi perolehan suara,” katanya.

Tampaknya Pilkada 2017 menjadi referensi signifikan, bahwa selisih perolehan suara kandidat yang didukung Jokowi hanya terpaut 3 juta suara.

Artinya, sambung Arif, jika bisa dikelola dengan memanfaatkan jejaring politik dalam Pilkada 2017, maka tidak mustahil akan melonjak dukungan untuk Prabowo.

“Jadi Timses Jokowi tak bisa meremehkan terobosan politik ini. Jangan merasa Jateng sudah basis, sehingga tidak memberikan respon terhadap strategi Prabowo itu,” pungkasnya, seperti dikutip dari rmol.co.