Industri Kreatif Anak Muda, Sektor Ekonomi Baru di Indonesia

Pendidikan, Wisata

NOTULA – Staf Khusus Menteri Bidang Digital dan Industri Kreatif (Kemenparekraf), Ricky Joseph Pesik, mengungkapkan, digital kreatif saat ini menjadi sumber perekonomian baru di Indonesia.

Kini anak muda banyak menggandrungi bidang digital, seperti film dan design. Hal itu mengemuka pada acara Universitas Brawijaya Series: Parekraf Goes To Campus, Jumat (4/12/20) malam, di Harris Hotel Malang.

“Denyut nadi Parekraf itu jelas dari anak-anak muda. Industri digital memang masih baru dilirik di Indonesia untuk jadi pemasukkan ekonomi negara. Melihat pasar international, design, seperti animasi, saat ini sangat laris,” tutur Ricky pada dikusi season 2.

Dari 17 sektor yang digerakkan Parekraf, tambah dia, kontribusi terbesar secara ekonomi pada pasar nasional adalah sektor kuliner, kriya dan fashion. Untuk pasar internasional, sektor fashion lebih unggul.

“Saat ini ada sektor yang populer menurut kami, secara kuantitatif untuk pertumbuhan ekonomi belum terasa, tapi kontribusinya untuk menggerakkan sektor-sektor lainnya cukup signifikan, yakni film, design, game dan musik” jelasnya.

Dia juga menyatakan, film Laskar Pelangi dan 5CM jadi buktinya. Melalui dua film itu, tempat wisata Pantai Tanjung Tinggi di Bangka Belitung dan Gunung Semeru di Malang, jadi banyak dikunjungi dan dikenal dunia.