HUT ke-1260 Kabupaten Malang, Sekda: Harus Optimis Menjawab Tantangan Pandemi

Malang Raya

NOTULA – Tidak bisa tidak, pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi segala aspek kehidupan. Meski begitu, Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Dr Ir Wahyu Hidayat MM, mengajak semua jajarannya untuk tetap tegak memandang ke depan.

“Pandemi memang memilukan, tapi tidak untuk terus menerus diratapi. Justru mengingatkan kita untuk introspeksi dan mengevaluasi apa-apa yang sudah dilakukan jajaran Pemkab Malang,” katanya kepada notulanews, via online, Sabtu (28/11/20).

Dengan introspeksi dan evaluasi, sambung dia, akan menjadikan jajaran Pemerintah Kabupaten Malang lebih siap menghadapi pandemi Covid-19 yang belum jelas kapan berakhir.

Berbagai prestasi yang berhasil diraih Pemkab Malang, baik tingkat regional maupun nasional, dalam periode 2020, menujukkan gairah dan optimisme dalam rangka mewujudkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat tetap terjaga.

Terkait program yang menjadi fokus setahun ke depan, menurut Wahyu, tetap prioritas pada urusan-urusan wajib yaitu maslah pendidikan dan kesehatan masyarakat, ditambah infrastruktur, PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) serta Covid.

Menyoal PEN, menurutnya, memang program untuk menangani dampak dari terjadinya pandemi Covid-19 yang sangat memukul bidang kesehatan masyarakat dan ekonomi.

“Program itu (PEN) sudah diatur sebagai suatu langkah luar biasa yang tertuang di dalam Perpu Nomor 1 Tahun 2020 yang sekarang menjadi Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2020,” jelas Wahyu.

Pendek kata, tambah alumnus SMA PPSP Malang itu, Pemerintah Kabupaten Malang sangat memprioritaskan recovery masyarakat dalam bidang pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.