HUT ke-1260 Kabupaten Malang, Menggapai Prestasi di Tengah Pandemi

Malang Raya

NOTULA – Hari Jadi ke-1260 Kabupaten Malang kali ini terasa beda, karena pandemi. Meski begitu, upacara di halaman pendopo, Sabtu (28/11/20) tetap berlangsung khidmad.

Pjs Bupati Malang, Drs Sjaichul Ghulam MM, didampingi Sekda, Dr Ir Wahyu Hidayat MM serta jajaran Kepala OPD dan Forkopimda tampak hadir, mengenakan baju adat.

Dengan tetap berpegang pada protokol kesehatan, para pejabat dan peserta upacara tampak sumringah, penuh optimisme dan motivasi.

Dikutip dari humas.go.id, peringatan di tengah pandemi ini tidak sedikitpun menyurutkan motivasi dan semangat untuk terus membangun dan mewujudkan masyarakat yang satata gama kartaraharja, sebagaimana cita–cita dan harapan para tokoh yang telah berkontribusi dan berjasa besar terhadap berdirinya Kabupaten Malang.

“Saya mengajak seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Malang untuk tiada henti melakukan tindakan-tindakan konkret dan memantapkan bersinergi di tengah pandemi Covid-19, demi mewujudkan Kabupaten Malang yang Tangguh,” pesan Pjs bupati dalam sambutannya.

Pada kesempatan itu dia juga mengapresiasi jajarannya yang telah bekerja keras membangun sinergi yang kuat, sehingga sejumlah capaian positif berhasil diraih Pemkab Malang.

Dalam kurun satu tahun terakhir, sejumlah penghargaan berhasil diraih, diantaranya Penghargaan Patas Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Kabupaten Malang 2019, Penghargaan untuk kategori Daerah Pengembangan Kawasan Hortikultura Terbaik Tahun 2020 dari Kementerian Pertanian, dan Penghargaan Status Kinerja Sangat Tinggi berdasarkan penilaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) tahun 2018 dari Kemendagri.

Selain itu juga Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Malang Tahun 2019, Penghargaan TOP 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Jawa Timur melalui Smarthealth Sijaritung di Kabupaten Malang, Penghargaan Bahasa 2020 dari Balai Provinsi Jawa Timur sebagai Lembaga Pemerintah Tertib Berbahasa Terbaik dalam Aksi Penguatan Bahasa Negara di Ruang Publik dan Penghargaan TOP 15 Kategori Kelompok Khusus Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Nasional.

“Itu semua menjadi indikator keberhasilan atas upaya pembangunan yang dilaksanakan secara bersama-sama, antara pemerintah, DPRD, dan pihak terkait, serta seluruh elemen masyarakat Kabupaten Malang,” jelas Abi, sapaan akrabnya.

“Saya mengajak seluruh pegawai dan masyarakat untuk melakukan langkah-langkah perbaikan bersifat terobosan dan menciptakan kepeloporan di berbagai bidang, untuk masa depan Kabupaten Malang yang lebih baik,” pungkasnya.