Hati-hati, Partai Joe Biden Jeli soal Isu HAM

Nasional

NOTULA – Kemenangkan Joe Biden harus menjadi perhatian, termasuk pemerintah Indonesia. Pengamat Hubungan Internasional dari Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana, mengingatkan, presides AS terpilih itu yang berasal dari Partai Demokrat, yang jeli terhadap isu HAM.

“Intinya Joe Biden itu kan dari Partai Demokrat, dan Partai Demokrat itu mengusung masalah HAM, dualisme dan lain sebagainya,” ucap Hikmahanto, seperti dikutip dari RMOL.id, Minggu (8/11).

Menurutnya, karakter Biden yang concern terhadap isu HAM tentunya berpengaruh pada kebijakan-kebijakan yang diambil AS ke depan.

“Ini akan direfleksikan dalam kebijakan luar negerinya, sehingga dalam penanganan masalah separtisme atau perang melawan teror harus hati-hati, karena kemungkinan besar AS akan mempermasalahkan dari sisi HAM-nya,” jelasnya.

Karakter itu berbeda dengan Partai Republik. Menurut Hikmahanto, partai yang mengusung Donald Trump tidak mengedepankan HAM dalam setiap kebijakannya.

“Yang penting (di pemerintahan Trump) kalau ada perang lawan saja, dan mereka bersedia menjual senjata dan mengizinkan membawa senjata dan sebagainya. Apalagi kalau perang melawan teror, di-support,” katanya lagi.

“Indonesia harus lebih transparan dalam penanganan masalah separatisme, terorisme (di pemerintahan Biden). Kita mungkin bisa lebih proaktif dalam menjelaskan (soal HAM),” tandasnya.