Harusnya Petahana Tak Perlu Takut Sampaikan Visi Misi

Nasional

NOTULA – Penyampaian visi misi dari Capres dan Cawapres yang dibatalkan KPU terus menuai polemik. Pasalnya, pemaparan visi misi itu jelas-jelas bagian terpenting dalam proses Pilpres.

Pengamat politik dari Indonesian Public Institute (IPI), Jerry Massie, menuturkan, kubu petahana sebenarnya tidak perlu khawatir menyampaikan visi misi.

“Jadi, bagi Jokowi, tidak perlu takut untuk debat, kan sang petahana sudah menjalani roda pemerintahan, jadi bisa paham secara eksitensi, esensi dan substansial,” katanya, Senin (7/1).

Seperti diketahui, kubu Jokowi-Ma’ruf meminta penyampaian visi misi dilakukan tim sukses. Akhirnya KPU menerima masukan itu dan membatalkan agenda penyampaian visi misi.

Jerry menilai visi dan misi yang dipaparkan kedua kandidat Capres dan Cawapres itu sebagai tahap untuk menguji kemampuan atau intellegence quotient (kecerdasan intelektual) pasangan calon.

“Selain itu juga untuk emotion and spiritual quotient. Hal ini dilakukan agar publik tahu sejauh mana kesiapan dan keseriusan kandidat,” bebernya.

Jerry mengaku kaget ketika KPU mengumumkan penyampaian visi misi dibatalkan. Sehingga indikator penilaian publik menjadi berkurang.

“Anehnya visi-misi tiba-tiba dibatalkan. Nah sekarang biar publik yang menilai,” tandasnya, seperti dikutip dari rmol.co.