Hari Jadi ke 1260 Kabupaten Malang, Pejabat Pemkab Ziarah ke Makam Ki Ageng Gribig

Malang Raya

NOTULA – Hari ini, Sabtu, 28 November, Kabupaten Malang memperingati ulang tahun ke-1260. Mengawali hari, Pjs Bupati, Drs Sjaichul Ghulam MM didampingi Sekretaris Daerah, Dr Ir Wahyu Hidayat MM dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ziarah ke makam Ki Ageng Gribig, cikal bakal berdirinya Kabupaten Malang.

Para pejabat itu juga berziarah ke makam sejumlah mantan Bupati Malang di pemakaman yang ada di Jalan Ki Ageng Gribig, Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang itu.

Kegiatan ziarah memang agenda rutin dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Malang, mengandung makna, generasi penerus senantiasa mengenang dan mengikuti suri tauladan para pendahulu yang berjasa terhadap Kabupaten Malang.

‘’Kita harus selalu ingat kepada pejuang di Kabupaten Malang. Semuanya ada disini (pemakaman Ki Ageng Gribig, Red). Beliau semua hidup dengan amalnya. Tinggal kita sebagai generasi penerus bisa tidak seperti beliau-beliau, hidup dengan amal,” tutur Abi, sapaan akrab pjs bupati, usai ziarah makam.

Acara diawali bacaan tahlil dan doa di samping makam Ki Ageng Gribig, dilanjutkan kirim doa ke makam almarhum Bupati Malang pertama, Raden Tumenggung Notodiningrat I, Bupati kedua, Raden Aryo Adipati Notodiningrat II, dan Bupati ketiga, Raden Aryo Adipati Notodiningrat III.

Dalam rangkaiannya juga digelar khotmil Quran di makam-makam mantan Bupati, termasuk yang tersebar di Malang Raya, antara lain di Pemakaman Kasin, Samaan dan Lawang.

‘’Jad, ini mengalir, yang masih hidup mendoakan. Semua akan mati. Hanya tiga perkara yang ditinggalkan, ilmu bermanfaat, amal jariyah dan anak sholeh yang mendoakan kedua orang tuanya. Kita di sini untuk menghargai jasa-jasa beliau semua. Mudah-mudahan amalnya diterima Allah SWT,” papar Abi.

Doa bersama dan tabur bunga berlanjut ke makam para mantan Bupati Malang, diantaranya mantan Bupati ke-17, Ir Mohammad Ibnu Rubianto MBA di TPU Samaan, Kota Malang, Bupati ke 12, Moch Sun’an SH dan Bupati ke 13, HR Suwignyo, di TPU Kasin Kota Malang, Bupati ke 10, Mas Djapan Notobudoyo dan Bupati ke 14, Edi Slamet, di TMP Suropati Kota Malang, serta Bupati ke 9, Mas Ngabehi Soentoro, di TPU Kalirejo, Kecamatan Lawang.

Malam ini Pemkab Malang juga menggelar istighosah bersama di Pendopo Agung Kabupaten Malang.