NOTULA – Inovasi tiada henti. Itulah yang dilakukan Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang, mengkombinasikan target perolehan dan edukasi kepada masyarakat.

Hari ini, Sabtu (6/4) dan Minggu (7/4), lembaga yang dipimpin Ir Ade Herawanto MT itu, membuka layanan di Malang Olympic Garden (MOG). Singkatnya, sembari jalan-jalan akhir pekan di MOG, bisa sekaligus mampir di gerai Tax Goes to Mall, dan pulangnya bisa bawa goodie bag berupa bantal mobil.

Tak hanya itu. Setiap wajib pajak (WP) yang menunaikan kewajibannya di MOG, juga berkesempatan mendapat door prize? Nah, tunggu apalagi, yuk jalan-jalan ke MOG. Event ini digelar mulai pukul 15.00 WIB hingga besok pukul 17.00 WIB.

”Kami ingin kerja efektif dan efisien melalui sistem jemput bola, sekaligus memberi layanan ekstra kepada masyarakat, utamanya para wajib pajak (WP) dan pengunjung mal,” tutur Ade Herawanto yang kerap disapa Sam Ade d’Kross itu.

Dia berharap masyarakat tidak melewatkan kesempatan emas itu. Terlebih door prize yang disediakan terbatas.

Dia juga mengingatkan, pengunjung MOG juga bisa mendapat banyak informasi tentang pajak daerah, langsung dari narasumber yang berkompeten. Petugas BP2D juga membuka layanan Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah (NPWPD), serta sosialisasi sejumlah program dan inovasi unggulan.

Di antaranya Sistem Informasi Aplikasi Mobile Pajak Daerah (Sampade) yang di-launching 2018 lalu. Aplikasi ber-platform Android itu memberi kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh informasi terkait objek pajak, informasi tagihan dan tunggakan, sistem pembayaran, hingga pengumuman pajak daerah.

Bagi pengunjung yang makan di food court MOG dan mal lain di Kota Malang, sambung dia, juga bisa menukarkan struk pembelian dengan kupon undian. Syaratnya, pembelian minimal Rp 25 ribu untuk satu kupon.

Jika transaksinya Rp 50 ribu, maka mendapat dua kupon (kelipatan Rp 25 ribu). Penukaran kupon bisa dilakukan di panggung acara Tax Goes to Mall, atrium Mal Olympic Garden (MOG). ”Kupon diundi pada Minggu (7/4) pukul 17.00,” tambah pejabat eselon II B Pemerintah Kota (Pemkot) Malang itu.

Wali Kota Malang, Sutiaji, mengapresiasi jemput bola yang dilakukan BP2D. ”Apa yang diinisiasi BP2D melalui Tax Goes to Mall sangat saya apresiasi. Semoga makin menumbuhkan kesadaran dan partisipasi masyarakat akan kewajiban perpajakannya. Pajak itu dari rakyat untuk rakyat, dalam hal ini demi pembangunan Kota Malang dan kemakmuran warga Bumi Arema,” katanya.

Ade juga menjelaskan, pada kesempatan itu juga akan dibagikan tiket/kupon Jalan Sehat Arema Sadar Pajak ke 6, pada 28 April mendatang, di Kawasan Tugu Balaikota Malang, untuk seluruh jenis wajib pajak apa saja yang hadir di MOG.

Acara itu sekaligus sebagai gong penutup rangkaian peringatan HUT ke-105 Kota Malang.

Kemeriahan dimulai sejak Sabtu, 27 April. Di tempat yang sama akan digelar malam Anugerah Insan Pers Peduli Pajak oleh Dirjen Pajak Kemenkeu RI, mewakili Menkeu RI Sri Mulyani, sekaligus launching tim dan jersey Arema FC.

“Jadi, cukup menunjukkan bukti bayar pajak daerah, selanjutnya rasakan sensasi kemeriahan penutupan rangkaian kegiatan HUT Kota Malang ke-105 bersama-sama warga kota ini,” pungkas Ade.