Hampir Dua Bulan Jabatan Pangkostrad Kosong

Nasional

NOTULA – Pasca Jenderal Abdurrachman (Dudung) dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), 17 November 2021 silam, posisi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) hingga kini masih kosong.

Dan beberapa hari lagi terhitung dua bulan sudah posisi Pangkostrad yang sebenarnya sangat strategis itu kosong.

Mentoal kosongnya jabatan Pangkostrad, pengamat militer Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati yang akrab disapa Nuning, menyarankan sebaiknya jabatan itu segera diiisi.

Nuning beralasan, posisi Pangkostrad merupakan kesatuan pasukan cadangan strategis yang membutuhkan pemimpin yang dapat mengomandoi kegiatan taktis pasukan.

Menurutnya, pasti ada alasan strategis terkait molornya pengisian jabatan Pangkostrad. Meski begitu, dia meminta Presiden Jokowi dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa segera menunjuk Pangkostrad yang baru.

“Semoga saja, baik Panglima TNI maupun Presiden Jokowi segera menunjuk pihak yang dianggap pantas, baik dari jajaran bintang 3 maupun bintang 2 yang dinaikan pangkatnya,” jelasnya, seperti dikutip dari rmol.id, Rabu (12/1/22) malam.

Nuning juga mengaku tidak melihat ada kendala politis dalam penentuan Pangkostrad sebagaimana dugaan berbagai kalangan.

Menurut mantan anggota Komisi I DPR itu juga berpendapat, Jokowi dan Panglima TNI lebih membutuhkan waktu untuk menemukan sosok yang ideal memimpin Pangkostrad.

“Politis tidak, tapi mencari sosok ideal mungkin saja,” pungkas Nuning.