Haedar Nashir: Sambut 2022, Introspeksi Diri dan Singkirkan Rasa Benci

Nasional

NOTULA – Tahun baru 2022 menjadi momentum bagi semua pihak untuk muhasabah (memperbaiki diri) menjadi pribadi yang lebih baik. Pemerintah juga patut instrospeksi, agar bangsa ke depan bisa lebih baik.

Siapapun, dengan kedudukan apapun, layak instrospeksi diri. Masuki tahun baru dengan semangat dan visi baru agar hidup ke depan lebih baik.

Demikian antara lain dikemukakan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir, dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Sabtu (1/1/22).

Menurutnya, umat beragama, lebih-lebih para alim dan tokohnya, niscaya menghadirkan pesan-pesan nilai dan ajaran keagamaan yang baik, damai, maju, menyatukan, dan mencerahkan.

“Jauhi pesan-pesan yang meresahkan dan membuka retak antarsesama. Kedepankan uswah hasanah agar umat mengikuti teladan terbaik dalam menjalani kehidupan. Jadilah pemandu dan suluh kehidupan yang menebar rahmat bagi semesta alam,” tuturnya.

Seperti dikutip dari rmol.id, Haedar juga berharap semua komponen bangsa dapat menjalani hidup bermasyarakat dan berbangsa yang optimistik, meski berhadapan dengan banyak masalah dan tantangan di tengah pandemi yang belum berakhir.

“Sisihkan rasa benci, saling merendahkan, dan aura permusuhan yang dapat menyeret pada perpecahan. Kita bisa maju dan utuh sebagai bangsa bila mau hidup bersama di tengah keragaman,” sambungnya.

Dia juga menekankan, perbedaan yang tajam perlu ditempuh dengan dialog dan titik temu secara dewasa dan bermartabat, bukan dengan saling egois dan memaksakan kehendak.