Hadiri Apel Pasukan Operasi Lilin Semeru, Sutiaji Benarkan Wajib Rapid Antigen

Malang Raya

NOTULA – Gelar pasukan Operasi Lilin Semeru 2020 dalam rangka pengamanan hari raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) dihadiri Walikota Malang, Sutiaji, di Mapolresta Malang, Senin (21/12/20).

Operasi Lilin Semeru dilaksanakan selama 15 hari ke depan, mulai hari ini, Senin (21/12/20) hingga 4 Januari 2021.

“Situasi saat ini beda dari sebelumnya, kewaspadaan kita dobel, libur panjang ternyata menyebabkan fluktuasi penambahan Covid-19, maka saya sampaikan, tingkatkan kehati-hatian,” pinta Sutiaji, usa apel.

Dia juga mengatakan, Malang berpotensi tinggi untuk penambahan kluster pada libur panjang akhir tahun hingga awal Januari nanti.

Menyoal adanya isu wisatawan wajib melakukan Rapid Antigen bila masuk ke Malang, dia membenarkan. Tapi hanya berlaku untuk Kota Malang saja, Kota Batu dan Kabupaten Malang tidak.

“Berkaitan dengan persyaratan wisatawan datang ke Malang, terutama yang kemarin jadi viral terkait Rapid Antigen, saya sudah koordinasi dengan Provinsi Jawa Timur, dengan Forkopimda, menyangkut efektifitasnya,” katanya.

Dia juga mengatakan, penambahan kluster pada libur panjang jelas bersumber dari wisatawan yang datang, hal ini bisa dilihat dari libur panjang sebelumnya.