Habib Rizieq Usul FPI Jadi Front Persaudaraan Islam

Nasional

NOTULA – Habib Rizieq Shihab mengusulkan perubahan nama FPI menjadi Front Persaudaraan Islam, dengan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) berbeda dari Front Pembela Islam (FPI).

“Jadi (AD/ART) tidak sama (dengan FPI),” tutur mantan wakil sekretaris umum DPP FPI, Aziz Yanuar, kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (5/1/21).

Dia tak merinci AD/ART Front Persaudaraan Islam yang dimaksud. Dia hanya menjelaskan, Front Persaudaraan Islam sebetulnya sudah terbentuk sejak 30 Desember 2020. Awalnya wadah baru itu dinamakan Front Persatuan Islam. Tapi Ketika itu belum ditasbihkan sebagai identitas resmi organisasi.

“Karena masih ada dinamika dan kompromi di internal para deklarator terkait nama organisasi baru. Akhirnya nama Front Persaudaraan Islam yang dipilih sebagai identitas organisasi,” jelasnya.

Dia juga menjelaskan, Habib Rizieq Shihab sendiri yang mengusulkan agar organisasi baru ini dinamakan Front Persaudaraan Islam. “Jadi, Insya Allah ke depan namanya Front Persaudaraan Islam,” tambahnya, seperti dikutip dari RMOL.id.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah melalui enam pejabat tinggi yang terdiri dari tiga menteri dan tiga pemimpin institusi mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) yang intinya membubarkan dan melarang seluruh aktivitas FPI.

Salah satu pertimbangan pembubaran itu, pemerintah menganggap isi AD/ART FPI bertentangan dengan Pasal 2 UU 17/2013 dimana UU itu untuk menjaga eksistensi ideologi dan konsensus dasar bernegara yaitu Pancasila dan UUD 1945.