Gubuk Tulis, Menebar Minat Baca lewat Dongeng

Pendidikan

NOTULA – Harus diakui, kali ini minat baca di kalangan anak-anak mulai berkurang, karena mereka lebih sibuk dengan gawai (smartphone) nya.

Menyadari itu, Komunitas Gubuk Tulis mengelar “Tebar Buku”, di Taman Singha Merjosari, Kota Malang, Minggu (8/11/20) pagi. Anak-anak yang tengah beraktifitas di taman pun akhirnya ikut berpartisipasi.

Nuril Qomariah

Mereka terlihat antusias dengan buku-buku dongeng yang dibawa tim Gubuk Tulis. Pimpinan Redaksi Buku Tulis, Nuril Qomariyah, mengatakan, kegiatan ini sebenarnya sudah dilakukan rutin setiap Minggu.

“Setiap hari Minggu, kebetulan ini Minggu kedua setelah pandemic,” kata Nuril di sela-sela kegiatannya.

Peserta yang ikut mayoritas anak yang tengah bermain di taman. “Tujuannya memang menumbuhkan minat baca anak. Dan responnya selalu baik, bahkan sebelum pandemi dulu pesertanya banyak,” imbuhnya.

Nuril juga menyatakan, pada kegiatan Minggu pagi ini dia membawa buku dongeng, komik, dan menggambar. “Kalau bukunya ada sekitar 150 lebih. Tapi kalau khusus untuk anak-anak sekitar 70 buku,” tandasnya.

Dia berharap kegiatannya bisa terus dilakukan setiap Minggu, dengan mengusung berbagai tema.

“Kami adakan setiap Minggu dengan berbagai tema, bisa menulis, menggambar dan berdongeng. Untuk Minggu ini kita khususkan acara dongeng,” pungkasnya.