Gotong Royong Sikapi Covid-19, Sofyan Edi dan Anton Serahkan Sembako

Malang Raya

NOTULA – Wakil Walikota Malang, Ir H Sofyan Edi Jarwoko mengaku merasakan suasana yang betul-betul asli Indonesia, yakni gotong royong, tolong menolong, yang lebih membantu yang kurang.

“Saya merasakan itu. Semoga hikmah Covid-19 ini mampu mengembalikan kita ke jadi diri bangsa indonesia yang memiliki nilai-nilai luhur yang sungguh luar biasa,” tutur Sofyan Edi, mengawali sambutan pada penyerahan bantuan Sembako kepada warga sekitar Klinik NU di Jalan Aris Munandar, Kota Malang.

Minggu (3/5/20) hari ini, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Malang Kota bersama Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Malang menggelar aksi sosial bersama PCNU, dengan membagikan Sembako dan mie instan.

Hadir pada kegiatan itu, Walikota Malang Periode 2013-2018, HM Anton, Ketua PCNU, Dr Isroqunnajah MAg, Ketua Rais Syuriah PCNU, KH Chamzawi, Ketua Umum PSMTI, Dr dr H Sugiharta Tandya SpPK, dan Ketua Forum Komunikasi Warga Tionghoa Malang Raya (FKWTMR), Linggaryanto Budi Utomo.

Banyaknya tokoh yang hadir juga menggambarkan suasana asli Malang yang guyub rukun.

Pada kesempatan itu Sofyan Edi menyampaikan 4 konsep menghadapi covid-19 ini. Pertama upaya preventif, dengan physical distancing, kedua tindakan, upaya menyehatkan kembali, yang ketiga tracking, mendeteksi orang-orang yang berpotensi tinggi tertular virus dari pasien positif Covid-19 karena ciri khas virus ini sangat cepat penyebarannya, dan keempat, menyelesaikan akibat atau dampak covid-19.

“Sederhananya, yang sehat, ayo dijaga sama-sama supaya terjaga tetap sehat, yang kurang sehat bagaimana supaya sehat kembali, yang sakit ini akan diobati supaya kembali sehat “ jelas Sofyed, sapaan akrabnya.

Sementara itu, penasehat PITI, HM Anton, menyampaikan harapannya agar bantuan tepat sasaran kepada warga yang terdampak covid-19.

“Ini sangat membahagiakan bagi saya, kami berharap apa yang sudah dikontribusikan ini bisa tepat sasaran kepada masyarakat yang terdampak, dan batuan seperti ini mudah-mudahan terus berlanjut,” jelas Anton.