GM FKPPI Jatim Gelar Rapimda, Wacana Netral di 2019 Mengemuka

Nasional, NOT-TV

 

NOTULA – Menyikapi dinamika organisasi, sosial dan politik, PD XIII GM FKPPI menggelar Rapimda di Hotel Ciptaning Ati, Sisir, Kota Batu. Salah satu yang mengemuka pada forum hari pertama, Jumat (30/11) malam, adalah wacana netral pada kontestasi 2019.

Ketua Pimpinan Pusat GM FKPPI, Hans Silalahi, yang ikut hadir pada acara itu, kepada notulanews.com, mengatakan, Rapimda memang penting dilakukan, mengingat dinamika organisasi dan sosial politik yang tinggi.

“Melihat perkembangan yang ada, GM FKPPI tentu tidak boleh hanya diam jadi penonton. Kami harus aktif, sebab itu perlu konsolidasi organisasi seperti Rapimda ini, dalam rangka menyamakan sikap terhadap situasi yang ada,” tutur Hans.

Bagaimana pun, sambung dia, dinamika yang berkembang di masyarakat, terutama soal Pilpres dan situasi kenegaraansangat tinggi. “Itulah yang harus kami sikapi, kami tidak boleh hanya jadi penonton, harus ambil bagian untuk bangsa dan negara.”

GM FKPPI, kata dia lagi, tidak boleh berhenti. Harus terus bergerak menyesuaikan perkembangan zaman. “Bila kami tidak mengikuti perkembangan zaman, kami akan dilindas perkembangan zaman itu. Maka kami harus siap mengikuti perubahan, dan kami harus lebih baik dan lebih besar,” tegasnya.

Terkait sikap politik untuk Pilpres 2019, dengan sigap Hans mengatakan, GM FKPPI akan bersikap netral independen. “Itu sudah jelas,” tukasnya.

Sementara itu, pada forum pandangan umum yang berlangsung hingga menyongsong tengah malam, terminologi netral dan independen masih menjadi perdebatan.

“Harus ada terminologi dan definisi yang pas dan kita sepakati bersama dalam hal netral dan independen ini, biar kita yang di bawah tidak bingung memaknainya,” tutur salah satu peserta rapimda.

Hadir pada acara pembukaan, para pejabat militer baik tingkat propinsi maupun kota dan kabupaten, para ketua dan sekretaris cabang, serta undangan.

Agenda hari ini, selain melanjutkan forum pemandangan umum, juga mendengarkan pengarahan Ketua PD XIII GM FKPPI Jatim, Ir R Agoes Soerjanto,dilanjutkan sidang-sidang komisi. Acara akan berlangsung hingga Minggu (2/12).