Fit and Proper Test, Listyo Sigit Dikawal Idham Azis, Senior dan Junior

Nasional

NOTULA – Kepala Kepolisian RI (Kapolri), Jenderal Idham Azis, mengantar langsung calon penggantinya, Komjen Listyo Sigit Prabowo, melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau Fit and Proper Test di DPR RI.

Menurut Idham Azis, Listyo Sigit juga dikawal perwakilan angkatan senior dan junior di internal Polri, saat menjalani Fit and Proper Test dengan Komisi III DPR RI.

Idham Azis di Gedung DPR RI, Rabu 20/1/21) juga menegaskan, itu bukti bahwa internal Polri solid terkait proses pergantian pucuk pimpinan.

Seluruh prajurit Korps Bhayangkara, sambung dia, mempunyai kewajiban mengantar dan mengawal Listyo Sigit hingga nantinya resmi dilantik sebagai Kapolri yang baru.

Idham juga meminta dukungan seluruh elemen masyarakat agar proses uji kelayakan dan kepatutan Listyo Sigit dapat berjalan lancar. “Saya mohon doa restu teman-teman, semoga perjalanan fit and proper test lancar,” katanya kepada wartawan.

Selain Idham, perwira tinggi Polri yang turut hadir mengantar, antara lain Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Kabaintelkam Komjen Agung Budi Maryoto, dan Kalemdikpol Komjen Arief Sulistyanto.

“Ini saya lakukan untuk memberi pelajaran kepada jajaran Polri, bahwa pergantian kepemimpinan itu suatu keniscayaan. Juga untuk memberi gambaran bahwa insituti Polri regenerasinya berjalan baik dan mulus,” katanya.

“Dengan saya mengantar, ini tradisi baru yang harus kita tumbuh kembangkan dan jadi pembelajaran bagi generasi Polri berikutnya, sehingga internal solid,” jelas Idham.