Ferdy Sambo Resmi Bukan Anggota Polri

Nasional

NOTULA – Akhirnya Komisi Kode Etik Polri (KKEP) resmi menolak permohonan banding yang diajukan Ferdy Sambo atas putusan sidang etik sebelumnya, yakni Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) sebagai anggota Polri.

Artinya, mantan Kadiv Propam Polri yang terakhir ditempatkan di Yanma Polri itu, resmi bukan lagi sebagai anggota Kepolisian Republik Indonesia.

“Menolak permohonan banding pemohon banding,” tegas Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri, Komjen Agung Budi Maryoto, yang memimpin sidang KKEP Banding, Senin (19/9/22).

Keputusan kali ini menguatkan putusan sidang KKEP tertanggal 26 Agustus 2022 yang menjatuhkan sanksi administrasi PTDH kepada Ferdy Sambo sebagai anggota Polri.

Sementara itu Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo, menegaskan, putusan sidang banding mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo bersifat final.

Tidak ada upaya hukum lain yang bisa ditempuh lagi setelah putusan banding ditetapkan.

“Sudah tidak ada, banding ini sifatnya final dan mengikat, sudah tidak ada lagi payung hukum,” kata Dedi Prasetyo dalam keterangan di hadapan wartawan.

Dia juga menegaskan, banding merupakan payung hukum terakhir yang bisa ditempuh Ferdy Sambo. “Ini payung hukum yang terakhir. Jelas harus clear dan artinya tegas,” jelasnya.