Fadli Zon Khawatirkan masalah Daftar Pemilih Tetap

Nasional

NOTULA – Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, mengkhawatirkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2019 yang sempat mengalami perubahan.

“Terus terang saya khawatir dengan DPT. DPT ini harus benar-benar diperiksa, karena mengalami hasil perbaikan I, hasil perbaikan II,” tutur Fadli, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (4/1).

Meski begitu Fadli menilai Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah bekerja maksimal menyelesaikan persoalan DPT. “Kita tahu KPU bekerja keras menyisir data-data yang sangat banyak masalah di Adminduk,” tuturnya.

Ditambahkan Fadli, masalah-masalah yang terjadi pada DPT seperti nama ganda dan invalid justru terletak pada sistem IT dan menimbulkan potensi yang mengarah pada tindakan manipulatif.

“Sekarang kita masih coba mengolah untuk melihat. Jangan sampai ada nama-nama ganda, nama-nama manipulatif, nama-nama yang invalid yang masuk dalam DPT HP II. Itu kan masih dibuka peluang untuk membersihkan itu. Saya kira ini yang sangat rawan adalah persoalan DPT,” tuturnya.

“Yang kita perlu pastikan adalah IT KPU harus betul-betul bebas dari intervensi,” pungkas politisi senior Gerindra itu, seperti dikutip dari rmol.co.