Fadli: Tjahjo Tak Usah (Nunggu) Dipecat, Mundur Saja

Nasional

NOTULA – Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, mengatakan, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sebaiknya mengundurkan diri, tidak usah menunggu dipecat.

Pernyataan tegas itu disampaikan Fadli, menanggapi pernyataan Tjahjo yang mengaku siap dipecat jika kasus terkait E-KTP yang tercecer di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, akan mengganggu pendataan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019.

“Enggak usah dipecat, mundur saja. Terbukti berkali-kali gagal urus DPT, urus E-KTP lalu berkarung-karung tercecer,” tandas Fadli, politisi Partai Gerindra itu di akun Twitternya, Selasa (11/12).

Fadli Zon sebelumnya juga angkat bicara soal jual beli blangko E-KTP di situs online. Dia menilai Kemendagri gagal mengamankan data kependudukan.

Fadli, seperti dikutip dari rmol.co, juga menuturkan, kasus jual beli blanko E-KTP bukan kasus pertama yang menunjukkan buruknya standar kerja Kemendagri terkait proses perekaman data, pendistribusian dan kontroling pencetakan E-KTP.

Dikatakan juga, pada Mei lalu, ada kasus temuan ribuan E-KTP yang tercecer di Bogor. Kasus serupa juga ditemukan di Gowa, Sulawesi Selatan, pada 18 Maret 2017.