Emil: Kota Malang Penggerak Ekonomi Kawasan Selatan

NOTULA – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, mengatakan, Kota Malang akan dijadikan motor penggerak ekonomi kawasan selatan, terlebih kawasan Malang Raya umumnya memiliki potensi wisata, ekonomi kreatif hingga pendidikan.

Demikian ditegaskan Emil saat membuka Festival Ramadan Jawa Timur, di Taman Krida Budaya, Sabtu (18/5) malam.

Dengan diresmikannya tol Malang – Pandaan, waktu tempuh dari Surabaya ke Malang tidak menjadi hambatan bagi pertumbuhan ekonomi. Karena itu, kata Emil, upaya menjadikan Surabaya dan Malang menjadi koridor Industri 4.0 secara nasional bisa terealisasi dengan baik.

“Untuk membangun ekonomi di wilayah selatan bisa dimulai dari Malang Raya, khususnya Kota Malang,” jelasnya.

Mantan Bupati Trenggalek itu mengatakan, ia berbagai tugas dengan Gubernur Khofifah Indar Parawansa dalam hal membangun daerah.

“Kebetulan untuk kawasan selatan saya yang diberi amanah. Karena itu nanti saya akan sering ke Malang untuk mendorong agar pertumbuhan ekonomi dan pembangunan bisa berjalan baik,” tukasnya.

Saat ini, kata dia, jalur lingkar selatan yang menghubungkan Kabupaten Malang, kawasan Balekambang, ke Blitar, sudah beroperasi, diharapkan ke depan Malang Raya dan Yogyakarta bisa menjadi koridor pembangunan ekonomi.

“Dengan adanya koneksitas yang baik ini, Kota Malang bisa menjadi penggerak ekonomi, khususnya kawasan selatan,” pungkasnya.

Walikota Malang, Sutiaji, menyambut baik rencana pemerintah provinsi dan pemerintah pusat dalam hal pembangunan sektor ekonomi di kawasan selatan.

“Pemkot Malang saat ini fokus mengembangkan potensi ekonomi dan wisata. Beberapa program kami sudah mengarah pada pengembangan itu,” kata Sutiaji.

Dengan adanya koneksitas ini, ia berharap Kota Malang mampu menjadi motor penggerak pembangunan, khususnya ekonomi kawasan selatan sebagaimana diharapkan.