Emil Dardak: Tingkatkan Transaksi Digital UMKM

Ekonomi, Malang Raya

NOTULA – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, meminta transaksi secara digital terus ditingkatkan. Hal itu disampaikan pada rapat pleno secara Daring, diikuti Walikota Malang, Sutiaji, di Ngalam Command Center (NCC), Balaikota Malang, Selasa (15/12/20).

Emil ingin semua undangan rapat saling berkolaborasi memajukan pelaku usaha kecil UMKM di tiap daerah, baik di kota maupun kabupaten di Jawa Timur.

“Hampir 50 persen transaksi jual-beli dilakukan secara online, dan yang paling populer fashion, baik sistem transfer, COD (cash on delivery), via minimarket, serta e-wallet. Jadi, UMKM harus terakses dengan pembayaran digital,” tutur Emil.

Rapat kali ini diselenggarakan tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Jawa Timur, diikuti secara daring oleh seluruh kepala daerah di Jatim, perwakilan Bank Indonesia Chapter Jatim, perwakilan Bank Jatim, dan BRI, dengan tema Sinergi Mengoptimalkan Pemulihan Ekonomi Jawa Timur.

Pada kesempatan itu, kalangan perbankan diajak lebih mengoptimalkan nasabah dari UMKM, agar membantu kemajuan pemulihan ekonomi di Jatim 2021.