NOTULA – Satu per satu lembagai survey merilis kabar terkini. Kini giliran Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis), elektabilitas pasangan calon presiden. Hasilnya Paslon 02 mulai mengungguli pasangan petahana.

Direktur Eksekutif Puskaptis Husin Yazid mengatakan, hasil survei tentang tingkat elektabilitas atau top brand, mencatat, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul dari Joko Widodo-Maruf Amin, meski dengan selisih tipis.

“Hasil survei di 34 provinsi, pasangan Prabowo-Sandi mendapatkan respon dari publik sebesar 47,59 persen, pasangan nomor kosong satu 45,37 persen. Sedang yang belum menentukan atau swing voter tapi akan berpartisipasi dalam Pilpres sekitar 7,04 persen,” jelasnya, dalam jumpa pers di Kawasan Menteng, Jakarta, Senin (8/4).

Tak hanya itu, Husin juga menambahkan, pasangan Prabowo-Sandi sudah memasuki fase trend positif. Namun segala kemungkinan masih bisa terjadi sebelum pemungutan suara 17 April.

“Selisih suara sementara sekitar 2,14 persen. Perbedaan tingkat elektabilitas yang ketat ini dapat disimpulkan, kedua pasangan punya peluang yang sama untuk memenangkan pertarungan,” bebernya, seperti dikutip dari rmol.co.

Survei Puskaptis digelar pada 26 Maret sampai 2 April, menyasar 2.100 responden di 34 provinsi, baik yang tersebar di pedesaan maupun perkotaan.

Dengan metode multistage random sampling, hasil survei mendapati tingkat kesalahan kurang lebih 2,4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.