Elektabilitas Jokowi di Bawah Prabowo, Dibayang-bayangi Ganjar

Nasional

NOTULA – Joko Widodo berada di urutan kedua dari 18 tokoh yang memiliki elektabilitas tinggi untuk Calon Presiden di Pemilu 2024. Mantan Walikota Solo ada di bawah Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, yang masih menempati posisi puncak.

Demikian hasil terbaru dari Lembaga Survei Kedai Kopi, yang digelar pada 29 Maret-4 April 2021, tentang elektabilitas terbuka tokoh Calon Presiden di Pemilu 2024.

“Elektabilitas terbuka, Prabowo Subianto 24,5 persen, Joko Widodo 18,5 persen,” tutur Direktur Eksekutif Lembaga Survei Kedai Kopi, Kunto Adi Wibowo, pada paparan hasil survei melalui daring, Senin (12/4/21).

Sementara itu nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, berada di posisi ketiga dengan 16,0 persen, disusul Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 13,3 persen dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 12,5 persen.

“Sandiaga Uno 6,6 persen, Tri Rismaharini 4,4 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 1,4 persen, Basuki Tjahaja Purnama 0,6 persen, Susi Pudjastuti 0,5 persen, Gatot Nurmantyo 0,2 persen, Puan Maharani 0,2 persen,” rinci Kunto.

Dengan perolehan di bawah satu persen, ada nama mantan Gubernur NTB, Zanul Majdi atau Tuan Guru Bajang, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, Pengusaha Chairul Tanjung, Politikus Nasdem Rachmat Gobel dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Survei Kedai Kopi digelar pada periodisasi 29 Maret-4 April 2021, menggunakan metodologi telesurvei atau wawancara via telfon di 34 provinsi di Indonesia dan melibatkan 1.260 responden.