Durasi Penyampaian Visi Misi pada Debat Pilpres Diperpanjang

Nasional

NOTULA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan memperbaharui durasi Debat Pilpres 2019 putaran kedua. Pada debat perdana, penyampaian visi misi dan program dari kandidat hanya tiga menit.

“Ternyata itu dirasa kurang, sehingga mungkin akan kita tambah waktunya,” tutur anggota KPU, Wahyu Setiawan, pada diskusi bertajuk ‘Evaluasi dan Rekomendasi Debat Pilpres 2019″, di Setiabudi, Menteng, Jakarta, Minggu (20/1).

Terkait siaran langsung di televisi, pihaknya juga mendengarkan masukan dan pertimbangan dari pihak media yang menyiarkan. Ada usulan dari masyarakat di Indonesia Timur untuk dipercepat waktu pelaksanaan debatnya.

“Itu tergantung pertimbangan-pertimbangan teknis. Kami juga mendengar masukan kalangan media, pertimbangan pertimbangan agar debat ditonton lebih banyak pemirsa,” jelas Wahyu lagi.

Menurutnya, untuk teknis panggung juga akan diperbaharui, karena masyarakat merasa tidak nyaman dengan kegaduhan pada tayangan debat perdana.

“Jika di arena debat terlalu gaduh, jelas akan mengurangi hak rakyat untuk dapat informasi memadai dari debat Capres,” pungkasnya.