Dugaan Intimidasi dan Pembungkaman Bermodus Tes Swab, Ancaman Serius Demokrasi

Nasional

NOTULA – Ancaman serius bagi kehidupan demokrasi di Indonesia dipertontonkan lewat pembungkaman bermodus tes swab Covid-19. Gaya-gaya seperti itu sekaligus merupakan kejahatan kemanusiaan serius.

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Oversight of Indonesia’s Democratic Policy, Satyo Purwanto, menyikapi video yang dibuat Koran Tempo terkait dugaan tes swab Covid-19 dijadikan modus baru pembungkaman.

Dalam video itu, dijelaskan, ada upaya pembungkaman yang dialami tiga aktivis dari Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Kalimantan Timur (Kaltim), dengan modus tes swab.

“Jadi, modus pembungkaman aktivis Walhi Kaltim oleh orang yang mengaku sebagai pihak yang berwenang melakukan swab test harus diusut tuntas,” tegas Satyo, seperti dikutip dari RMOL.id, Jumat (22/1/21).

Upaya intimidasi dan pembungkaman dengan menggunakan modus tersebut, tambah dia, sangat berbahaya bagi tenaga kesehatan yang berdiri di garis depan penanganan Covid-19.

“Jika kelompok itu menggunakan alat-alat berbahaya, sehingga jatuh korban dari kalangan aktivis, yang akan dituntut pertanggungjawaban adalah pihak berwenang di sektor kesehatan dan Satgas Covid,” kata Satyo.

Mantan Sekjen Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDem) ini berharap Polri di bawah kepemimpinan Listyo Sigit Prabowo bisa mengungkap aktor dan pelaku upaya intimidasi kepada aktivis dengan modus tes swab.

“Segala modus intimidasi dan pembungkaman oleh pemerintah, apalagi oleh korporasi, adalah kejahatan kemanusiaan dan ancaman serius demokrasi, hak menyatakan pendapat dan memberitakan kebenaran di republik ini, padahal dijamin UU,” pungkasnya.