Dua Minggu Lebih Berstatus Tersangka, KPK Belum Periksa Juliari

Nasional

NOTULA – Tak terasa, sudah dua minggu lebih Menteri Sosial Juliari Peter Batubara ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun hingga kini belum juga diperiksa penyidik. Ada apa?

Seperti diketahui, Juliari ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan penerima suap bantuan sosial (Bansos) Covid-19, berupa Sembako untuk wilayah Jabodetabek.

Direktur Penyidikan KPK, Setyo Budiyanto, menanggapi pertanyaan itu, langsung menyampaikan alasan mengapa penyidik belum mengeluarkan Juliari dari tahanan untuk diperiksa.

“Kami sampaikan, itu bagian daripada strategi. Tentu banyak cara yang dilakukan penyidik,” jelas Setyo Budiyanto, di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (21/12/20).

Menurut dia, strategi yang dimiliki penyidik bisa saja melakukan pemeriksaan terlebih dahulu kepada pihak pemberi suap, kemudian nanti akan dilakukan pemeriksaan terhadap Juliari.

“Tadi ditanyakan, kenapa terhadap menteri tidak dilakulan pemeriksaan dari kurun waktu tanggal 6 sampai saat ini, itu bukan berarti kita mendiamkan,” kata Setyo, seperti dikutip dari RMOL.id.

Penyidik, kata dia, sudah menyusun pertanyaan panjang yang akan menjadi bahan pemeriksaan untuk Juliari.

“Kita harapkan pertanyaan-pertanyaan itu menjadi kunci yang dapat kami tanyakan kepada yang bersangkutan, setelah kami mendapatkan banyak informasi, banyak keterangan dari beberapa pihak,” pungkasnya.