Dua Kapolda Dicopot, Giliran Polri Bakal Panggil Anies Baswedan

Nasional

NOTULA – Usai mencopot Kapolda Metro Jaya dan Jawa Barat karena membiarkan kerumunan massa di Petamburan dan Puncak, Bogor, Polri bakal memanggil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono, mengatakan, penyidik telah melayangkan surat panggilan atas dugaan pelanggaran protokol kesehatan acara resepsi pernikahan putri Habib Rizieq Shihab dan Maulid Nabi Muhammad, di markas FPI, Jalan Petamburan, Jakarta Pusat.

“Pemanggilan terhadap Binmas yang bertugas di protokol kesehatan, RT, RW, Linmas, Lurah, Camat, Walikota Jakpus, kemudian KUA, Satgas Covid-19, Biro Hukum Pemprov DKI dan Gubernur DKI Jakarta (Anies Baswedan), juga beberapa tamu yang hadir,” kata Argo kepada wartawan, Senin (16/11/20).

Berdasar informasi yang diperoleh redaksi, seperti dikutip dari RMOL.id, ada 15 orang nantinya yang akan dipanggil pihak Kepolisian, selain Gubernur DKI Jakarta, Anies Basewedan.

“Kita lakukan klarifikasi dengan dugaan tindak pidana pasal 95 UU 6/2018 Tentang Karantina Kesehatan,” tutup Argo.

Sebelumnya, dalam jumpa pers siang tadi, Menko Polhukam, Mahfud MD, menegaskan, aparat keamanan di seluruh Indonesia agar tidak ragu bertindak tegas kepada para pelanggar protokol kesehatan.

Penegasan itu bahkan diulangi Mahfud hingga tiga kali. “Kepada aparat keamanan, kepada aparat keamanan, kepada aparat keamanan, pemerintah meminta tidak ragu bertindak tegas memastikan protokol kesehatan dapat dipatuhi dengan baik,” ujar Mahfud, di kantornya, Jakarta.