DPR Gelar Paripurna Penetapan Kapolri Baru, Siang Ini

Nasional

NOTULA – Kamis (21/1/21) siang ini, DPR RI menggelar rapat paripurna tentang hasil uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) atas calon Kapolri, Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Paripurna ini sebagai tindak lanjut proses di Komisi III DPR, yang kemarin telah melaksanakan fit and proper test dan sepakat menyetujui Komjen Sigit menjadi Kapolri.

“Benar hari ini (paripurna),” kata Sekjen DPR RI, Indra Iskandar, saat dikonfirmasi. Rapat akan diselenggarakan di ruang rapat paripurna DPR RI pukul 14.00 WIB siang nanti.

Rapat paripurna DPR, seperti dikutip dari RMOL.id, akan mengambil keputusan menyetujui atau tidak untuk menetapkan Komjen Sigit menjadi Kapolri.

Seperti diketahui, seluruh fraksi di Komisi III DPR sudaj menyetujui Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi kapolri.

Kesepakatan untuk menyetujui pecalonan Komjen Listyo Sigit itu dicapai setelah semua fraksi menyampaikan pandangan fraksi dan catatan-catatan, usai fit and proper test terhadap Listyo digelar.

“Berdasar pandangan dan catatan fraksi-fraksi, akhirnya pimpinan dan anggota komisi III mufakat menyetujui pemberhentian dengan hormat dari jabatan Kapolri, Jenderal Idham Azis, dan menyetujui pengangkatan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri,” kata Ketua Komisi III, Herman Herry, dalam rapat pleno Komisi III.