Don Adam: Rizal Ramli Menang WO atas Luhut Binsar Panjaitan

Nasional

NOTULA – Tepat Rabu (24/6/20) hari ini, seharusnya publik tanah air mendapat sajian menarik di alam demokrasi, yakni adu gagasan, pikiran, dan data soal kebijakan utang pemerintah, antaran Menko Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan (LBP), dan ekonom senior DR Rizal Ramli (RR).

Sayangnya, tenggat yang ditetapkan oleh promotor debat dari Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM), Adamsyah Wahab, yang akrab disapa Don Adam, pada jumpa pers dua pekan lalu, telah berakhir hari ini.

Seperti dikutip dari rmol.id, melalui channel YouTube Don Adam Channel, Don Adam mengunggah video berjudul Teaser: Rizal Ramli Menang WO Atas LBP pada hari ini.

Duduk di sebuah sofa dengan menghisap cigar, mirip Don Corleone di film Godfather, Don Adam menjelaskan awal mula dirinya mempromotori debat.

“Semua ini bermula pada tanggal 2 juni 2020, di mana Pak LBP melontarkan tantangan berdebat tatap muka pada pengkritik utang negara, tapi pada akhirnya berakhir antiklimaks,” tegasnya, dalam video berlatar belakang kepala macan itu.

Dia juga mengurai bahwa dalam debat itu, LBP adalah pihak yang sebenarya menantang debat. Sementara Rizal Ramli adalah penerima tantangan debat.

Kesanggupan Menko Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid itu baru disampaikan usai dirayu Ketua Majelis ProDEM, Iwan Sumule, mengingat sebelumnya Rizal Ramli enggan menanggapi, dengan pertimbangan kredibilitas penantang.

Namun kini Luhut sebagai penantang justru menolak kesanggupan Rizal Ramli untuk berdebat.

“Apa itu pantas dilabeli menjilat ludah sendiri?” tanya Don Adam.

“Orang bicara soal utang, kalau nggak ngerti nggak usah ngomong,” sindirnya, mengakhiri video itu dengan petikan kalimat Luhut saat menyampaikan tantangan debat.