Diyakini Bakal Jadi Destinasi Favorit, Pemkab Malang Ditawari Optimalisasi Bukit Kahyangan

Malang Raya

NOTULA – Pemda Kabupaten Malang mendapat tawaran kerjasama optimalisasi kawasan Pusung Mubin (Bukit Kahyangan), yang diyakini bakal menjadi destinasi wisata favorit.

Tawaran itu datang dari Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Dr Agus Budi Santosa SHut MT, Jumat (13/11/20), saat berkenalan dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Dr Ir Wahyu Hidayat MM, di Kantor Setda Pemkab Malang.

“Jadi ada dua agenda, pertama saya mengenalkan diri selaku pejabat baru TNBTS, dan kedua, Pemda Kabupaten Malang kita tawari untuk kerjasama memanfaatkan langsung atau tidak langsung keberadaan TNBTS,” kata Agus.

Lokasi yang ditawarkan sebagai zona pemanfaatan adalah Pusung Mubin, atau sering disebut Bukit Kahyangan atau Bukit Sejuta Bintang, dengan view 360 derajat, bisa melihat Gunung Batok, lautan pasir, Gunung Semeru, view Kota Malang, pengamatan bintang, serta sunrise dan sunset yang bisa dimanfaatkan ke depannya.

Foto: Balai TNBTS untuk notulanews.com

a
“Lokasinya di perbatasan Desa Ngadas dan Jabung, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang,” tutur Agus.

Saat ini, kata dia, kondisi jalan tidak terpelihara dan rusak, karena dulunya untuk proyek Sumitomo, restorasi ekosistem di daerah Batu. “Dulu pernah dibuat jalan sejak 2012, tapi sekarang tidak pernah dilewati lagi,” katanya.

Foto: Balai TNBTS untuk notulanews.com

a
Tempat itu sangat bagus (idol capacity), tapi belum dimanfaatkan dengan baik. “Sayang sekali, tidak ada penerimaan negara di tempat itu, Bromo dikenal hanya sebagai tempat melihat matahari pagi saja, tapi sebenarnya tidak hanya itu,” kata Agus lagi.

Dia memastikan, pemanfaatan Pusung Mubin akan sangat menjanjikan suguhan yang lengkap, berada pada ketinggian 368 meter di atas pemukaan laut, udaranya yang dingin, ada awan yang bergerak, seperti berdiri di negeri di atas awan.

Foto: Balai TNBTS untuk notulanews.com

a
“Kalau Kawasan itu bisa dioptimalkan, saya yakin akan menjadi salah satu destinasi favorit Kabupaten Malang,” pungkasnya.