Ditetapkan Tersangka, Ambroncius Langsung Dijemput dan Dibawa ke Bareskrim

Nasional

NOTULA – Hasil gelar perkara yang dilakukan tim penyidik Direktorat Siber, Propam, disaksikan Itwasum Polri, menyimpulkan, status Ambroncius Nababan (AN) dinaikan dari saksi sebagai tersangka.

“Siang tadi sudah gelar perkara, kesimpulannya, saudara AN dinaikan statusnya menjadi tersangka,” kata Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono, kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (26/1/21).

Usai ditetapkan sebagai tersangka, sambung Argo, tim penyidik langsung mendatangi kediaman Ambroncius yang diduga berbuat rasis terhadap Natalius Pigai itu, untuk menjemputnya, guna dilakukan pemeriksaan.

“Sekitar pukul 18.30 WIB yang bersangkutan di bawa ke Bareskrim Polri, dan saat ini sudah di ruang penyidik guna dilakukan pemeriksaan,” jelas Argo.

Soal penahanan, kata Argo, tergantung keputusan dan subjektifitas penyidik yang melakukan pemeriksaan terhadap Ambroncius Nababan. “Soal penahanan tergantung subjektifitas dan objektifitas penyidik,” tandasnya.

Karena, sambung dia, penyidik masih memiliki waktu 1 x 24 jam untuk memutuskan apakah Ketum Pro Jokowi-Amin (Pro Jamin) itu akan langsung ditahan atau tidak.

“Besok akan kita sampaikan, karena hari ini masih dalam proses 1 x 24 jam untuk kita lakukan pemeriksaan sebagai tersangka,” pungkasnya, seperti dikutip dari RMOL.id.

Pasal yang disangkakan kepada Ambroncius 45A ayat 2 Jo 28 ayat 2 UU 19/2016 perubahan UU tentang Perubahan atas UU No 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.