Displin 3M Ampuh Kurangi Potensi Penularan Sampai 99 Persen

Kesehatan

NOTULA – Penerapan protokol Covid-19 yang dikenal dengan 3M, yakni mengenakan masker, menjaga jarak dan tidak berkerumun, serta mencuci tangan, terbukti efektif mengurangi penularan virus.

Menurut anggota Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah, penerapan 3M yang dilakukan secara konsisiten mampu menurunkan potensi penularan hingga 99,99 persen.

“Nah, kalau semuanya mau menerapkan 3M, maka akan mengurangi resiko (penularan covid-19) sampai 99,99 persen,” jelas Dewi, pada Talk Show Satgas Covid-19 yang disiarkan kanal Youtube BNPB dan dikutip dari RMOL.id, Kamis (29/10).

Ditambahkan Dewi, Efektivitas dari penerapan 3M terhadap potensi penularan, memiliki tingkatan berbeda-beda. Pakar Epidemiologi dan Data ini memastikan, mencuci tangan bisa menurunkan potensi penularan sebesar 35 persen.

Menggunakan masker kain berbahan katun tiga lapis menurunkan 45 persen potensi penularan. “Sedangkan pakai masker medis bisa turun efektifit sampai 70 persen. Sedang menjaga jarak minimal 1 meter mengurangi resiko sampai 85 persen,” rincinya.

Sebab ituDewi mengimbau masyarakat tidak bosan menerapakan protokol kesehatan 3M. Itu upaya paling utama untuk melawan Covid-19. “Kami ingatkan ke masyarakat, kenapa ngomongin 3M melulu, karena ternyata 3M itu senjata ampuh memutus rantai penularan,” tegasnya.