Dirjen Dukcapil: Ada yang Sengaja Buang E-KTP di Duren Sawit

Nasional

NOTULA – Ditemukannya Ribuan keping E-KTP yang tercecer di Jalan Bojong Rangkong, Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur, diduga sengaja dibuang oknum atau pihak tertentu.

Demikian dugaan yang disampaikan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Zudan Arif Fakrulloh, menanggapi 2.258 E-KTP yang ditemukan warga.

“Kami menyebutkan ini adalah E-KTP yang dibuang, bukan tercecer, karena ini sengaja dibuang, karungnya masih bagus, blankonya masih bagus, belum pernah terkena air hujan, diletakkan dipinggir jalan, sehingga orang cepat melihat itu,” jelas Zudan, di Mabes Polri, Jakarta, Senin (10/12).

Jika itu tercecer, kata Zudan, bisa dipastikan jatuh berhamburan. Tapi dalam penemuan di Duren Sawit, E-KTP masih utuh berada di dalam karung.

“Dugaan saya memang sengaja dibuang. Sekarang kami sedang mendalami, siapa yang membuang dan berasal dari mana,” tukasnya.

Menurut dia, semua temuan di lapangan terkait E-KTP bukan berasal dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Itu bisa dipastikan, lantaran semua blanko yang tidak terpakai maupun E-KTP yang rusak atau invalid sudah dipotong pada Mei 2017 lalu.

“Makanya, kami sedang melakukan penyelidikan bersama teman-teman di Polri, untuk mengetahui dari mana sumber E-KTP yang dibuang ini,” jelasnya, seperti dikutip dari rmol.co.