Diperiksa 12 Jam, Abu Janda Tak Ditahan

Nasional

NOTULA – Abu Janda yang bernama asli Permadi Arya, sesuai rencana, hari ini, Senin (1/2/21), menjalani pemeriksaan di Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, atas dugaan kasus rasis dan menghina Islam.

Seusai diperiksa, kepada wartawan yang menunggu sejak siang hari, dia mengaku diperiksa selama 12 jam dan dicecar 50 pertanyaan oleh penyidik.

“Tadi saya datang lebih pagi, saya diperiksa sudah 12 jam, kalau pertanyaan udah nggak kehitung lagi, mungkin 50 pertanyaan, pasti lebih,” kata Abu, di Bareskrim, beberapa saat lalu.

Namun, meski telah diperiksa, Abu Janda tidak langsung ditahan oleh penyidik. Dia diagendakan bakal diperiksa kembali pada Kamis (4/1/21).

Pada pemeriksaan kali ini, seperti dikutip dari RMOL.id, dia mengaku hanya diminta klarifikasi terkait maksud kicauannya yang menyebut Islam agama pendatang dan arogan.

“Saya jelaskan, saya sebagai saksi dipanggil untuk klarifikasi, menjelaskan apa yang saya maksud dengan itu (Islam Arogan). jadi saya sudah jelaskan ke penyidik bahwa Twit saya yang bikin ramai itu adalah Twit jawaban saya kepada ustaz Teungku Zul,” katanya.

“Ketika saya mengatakan arogan itu karena saya merespons twit provokatif Teungku Zul yang mengatakan bahwa minoritas di negeri ini arogan ke mayoritas. Di situlah keluar kata arogan itu,” imbuhnya.