Dipastikan Tak Ada Kendala, Besok Abu Bakar Ba’asyir Bebas

Nasional

NOTULA – Jumat (8/1/21) besok, terpidana kasus terorisme, Abu Bakar Bin Abud Ba’asyir alias Abu Bakar Ba’asyir, dijadwalkan bebas dari Lapas Gunung Sindur, Bogor.

Menurut anggota Tim Pengacara Muslim (TMP) yang mendampingi Abu Bakar Ba’asyir, Achmad Michdan, sejauh ini tidak ada kendala untuk kebebasan Pimpinan Majelis Mujahidin Indonesia itu

“Insya Allah enggak ada kendala. Kami koordinasi dengan aparat keamanan untuk prosesnya, selamat sampai tujuan dan tidak ada halangan apapun,” jelas Michdan, seperti dikutip dari RMOL.id, Kamis (7/1/21).

Dia juga memastikan, tim pengacara Abu Bakar Ba’asyir sudah mengkaji mengenai pembebasan kliennya sesuai hukuman yang diberikan terhadapnya.

Pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Al Mukmin, Ngruki, itu telah menjalani hukuman penjara 15 tahun dipotong remisi selama 55 bulan, setelah terbukti terlibat menggalang dana untuk melakukan tindak pidana terorisme pada 2010.

Pada 2014, Abu Bakar Ba’asyir didakwa terlibat pemufakatan jahat dengan pelaku bom Bali, yaitu Amrozi dan Mubarok. Akhirnya dia dituntut delapan tahun penjara. Namun hakim memvonis Abu Bakar Ba’asyir bersalah dan mengganjarnya 2,5 tahun penjara.

“Jadi kami sudah siap, karena sudah kita hitung sedemikian rupa, memang itu sudah sesuai apa yang kami duga dan kami pelajari,” pungkas Achmad Michdan.