Din: Demi Kemanusiaan, KAMI Minta Polri Selamatkan Semua Tahanan Bareskrim

Nasional

NOTULA – Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI), Din Syamsuddin, mendesak Polri membebaskan semua tahanan Bareskrim Polri.

Desakan disampaikan, menyusul adanya informasi 48 tahanan di Rutan Bareskrim Mabes Polri dinyatakan positif Covid-19 dan 8 lainnya bergejala Covid-19.

“KAMI meminta Polri, demi kemanusiaan dan hukum, menyelamatkan semua tahanan, dengan membebaskan mereka yang sudah jelas tuntutan hukumnya tidak beralasan,” tegasnya, seperti dikutip dari RMOL.id, Selasa (17/11/20).

Menurutnya, apabila kabar bahwa 48 tahanan di Bareskrim Mabes Polri positif Covid-19 dan 8 lainnya bergejala benar terjadi, maka sudah seharusnya Polri membebaskan.

“Sehingga berkasnya dikembalikan oleh Kejaksaan Agung, maupun menangguhkan atau membantarkan tahanan lain yang masih dalam proses penyelidikan ke Rumah Sakit,” kata Din.

Dia juga meminta Polri melakukan sterilisasi Ruang Tahanan di Bareskrim Polri guna menghindari penularan Covid-19 di lingkungan Ruang Tahanan.

“Sangat mendesak, pihak Polri agar mensterilkan Ruang Tahanan Bareskrim, karena telah menjadi klaster baru Covid-19,” pungkasnya.