Diduga Gelapkan Uang Nasabah Rp 5,7 M, Kacab Bank Swasta Diringkus

Malang Raya, NOT-TV
NOTULA – Kepala Cabang Pembantu sebuah bank swasta di Jalan Kyai Tamin, Kota Malang, YA, ditangkap Polisi. Wanita itu diduga menggelapkan uang 8 nasabahnya, 2 di kabupaten Malang dan 6 di Kota Malang.

Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar, mengatakan, total uang yang digelapkan tersangka sekitar Rp 5,7 Miliar. Pelaku yang menjabat sebagai kepala cabang itu melakukan perbuatannya seorang diri.

“Semuanya dikerjakan sendiri, termasuk mempersiapkan iming-iming janjinya dan memutarkan uang untuk memberikan bunga kepada korban,” kata Hendri, saat konferensi pers di Mapolres Malang, Kamis (26/11/30) siang.

Pelaku mengaku menggunakan uangnya untuk kepentingan pribadi dan murni atas inisiatif sendiri. Hendri juga menjelaskan, bank tempat YA bekerja tak terlibat dalam kejadian ini.

“Ini di luar sepengetahuan bank, karena bank tempat YA bekerja tidak pernah memiliki jenis tabungan deposito seperti itu, termasuk tidak pernah menyarankan kepada karyawannya untuk menawarkan iming-iming bunga sebesar itu,” paparnya.

Dia juga mengatakan, pasal yang dikenakan 372 dan pasal 378, tentang penggelapan atau penipuan, dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara.

Terkait dugaan bertambahnya korban, pihak Polres Malang akan terus melakukan penyelidikan. Hendri juga menyediakan posko pengaduan, jika ada korban yang belum terdata dan ingin melapor.