Dibiarkan, Berita Hoax Bisa Timbulkan Konflik Besar

Nasional

NOTULA – Markas Besar Polri melalui Satuan Tugas (Satgas) Nusantara terus mengedukasi masyarakat mengenai bahayanya berita bohong alias hoax.

“Kalau berita bohong dibiarkan dan masyarakat percaya, bisa menimbulkan konflik yang awalnya ringan menjadi konflik besar,” kata Kasatgas Nusantara Irjen Pol Gatot Eddy Pramono, Selasa (13/11).

Menurut dia, jika berita hoax itu menonjolkan isu Suku, Agama dan Ras (SARA), konsekuensi yang ditanggung negara adalah masalah disintegrasi bangsa.

Karena itu, Satgas Nusantara yang tergelar dari tingkat Mabes hingga Polsek melakukan penyadaran kepada masyarakat, agar jika menerika berita yang belum jelas kebenaranya diharapkan tidak langsung disebar.

“Tabayun dulu, klarifikasi benar atau tidaknya berita itu, jika tidak benar sampaikan bahwa itu tidak benar,” pungkas Gatot.

Dengan demikian di tahun politik saat ini, masyarakat terbebas dari berita atau informasi yang menyesatkan, karena di dalam Undang-Undang tidak mentoleransi pelaku penyebar hoax dengan alasan apapun.

“Walaupun hanya iseng, atau mengaku sebagai bentuk kepedulian, UU tidak mengenal itu,” demikian Gatot, seperti dikutip dari rmol.co.