NOTULA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Museum Islam Indonesia di Tebuireng, dekat dengan lokasi Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Selasa (18/12).

Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, KH Salahudin Wahid, mengatakan, selain meresmikan Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy’ari, Kepala Negara juga dijadwalkan menghadiri sejumlah acara lain selama kunjungan kerja di Jombang.

Selain ke Ponpes Tebuireng, Jokowi dijadwalkan berkunjung ke Pondok Pesantren Darul Ulum, Pondok Pesantren Bahrul Ulum di Tambak Beras, hingga Pondok Pesantren Mambaul Maarif, Denanyar, Jombang.

Soal Museum Islam Indonesia itu, Salahudin mengemukakan, dibangun dari anggaran pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebesar Rp 30 miliar.

“Museum itu sebagai bentuk penghormatan kepada para ulama yang berjasa dalam berjuang bagi kemerdekaan RI,” kata Salahudin, seperti diberitakan Setkab.

Museum tersebut menyimpan banyak benda-benda bersejarah soal perkembangan Islam nusantara, buku-buku, kitab pemikiran para ulama, dan benda-benda lainnya.

“Museum ini nantinya juga diharapkan bisa menjadi bahan rujukan dan referensi tentang Islam Indonesia,” jelas Salahudin, seperti dikutip dari rmol.co.