NOTULA – Letjen TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) baru pengganti Jenderal TNI Mulyono baru saja dilantik Presiden Jokowi, Kamis (22/11).

Menurut pengamat militer Susaningtyas NH Kertopati, pengganti Mulyono harus membangun fisik dan psikis TNI AD dengan baik di tahun politik ini.

“KSAD harus mampu menjaga soliditas TNI Polri, itu keniscayaan. Netralitas adalah hal yang harus dilaksanakan secara konsisten dengan berbagai konsekuensinya,” kata Nuning, sapaan akrabnya.

Mantan anggota Komisi I DPR itu juga mengatakan, di tahun politik ini, kekuasaan akan memunculkan ruang perdebatan yang menjurus pada perang urat syaraf.

“Yang sedikit kepleset saja bisa jadi tragedi permusuhan. Hal ini harus diantisiapasi jauh hari. Pihak yang dapat mencegah dan menanggulangi adalah TNI Polri,” tegasnya.

Masih kata Nuning, secara kekinian TNI harus menjaga tertatanya dengan baik mulai dari integrasi sistem informasi, interoperability sistem informasi hingga composability sistem informasi.

“Semua itu agar informasi perkembangan keadaan yang ada dapat terintegrasi dan diterima dengan tepat cepat oleh prajurit utamanya yang berada di lapangan sehingga tak ada kesalah pahaman,” pungkasnya, seperti dikutip dari rmol.co.