Di Seluruh Indonesia, PPKM Level 3 Diberlakukan selama Natal dan Tahun Baru

Nasional

NOTULA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, mengatakan, selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021, pemerintah memberlakukan pembatasan dengan level tinggi.

Pemerintah telah memutuskan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di seluruh daerah. “Selama libur Nataru diberlakukan peraturan dan ketentuan PPKM Level 3,” jelasnya, dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri bertajuk Antisipasi Potensi Peningkatan Kasus Covid-19 pada Libur Nataru, secara daring, Rabu (17/11/21).

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu juga menegaskan, daerah-daerah yang saat ini sudah berada pada level 1 dan 2 PPKM juga disamaratakan aturan pembatasannya seperti daerah yang memberlakukan PPKM level 3.

“Jadi sudah ada kesepakatan, aturan yang berlaku di Jawa-Bali dan luar Jawa-Bali akan diseragamkan,” katanya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu juga memastikan, pemberlakuan PPKM Level 3 di seluruh Indonesia akan berlaku pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Pemberlakuan dan aturan-aturan dalam penerapan PPKM Level 3 di seluruh daerah di Indonesia itu, sambung dia, akan dituangkan ke dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) yang akan diterbitkan segera.

“Inmedagri Ini jadi pedoman pelaksanaan pengendalian penanganan Covid-19 selama masa libur Natal dan Tahun Baru yang akan ditetapkan selambat-lambatnya pada 22 November 2021,” pungkasnya.