Demo Perangkat Desa Tagih Janji Jokowi Mendadak Berubah Tempat

Nasional

NOTULA – Puluhan ribu perangkat desa datang ke Jakarta, menggelar aksi tagih janji Presiden Joko Widodo. Namun rencana aksi bertajuk Silaturahmi Nasional itu tiba-tiba berubah lokasi.

Awalnya, mereka bermaksud menggelar aksi di depan Istana Negara, dan titik kumpul ada di masjid Istiqlal, namun tiba-tiba saja berubah.

Menurut Zainur Ridho, salah seorang peserta aksi dari Gresik, Jawa Timur, mengatakan, ada arahan dari Ketua Umum Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Nasional, Mujito, kemarin malam (Minggu, 13/1) lewat grup Whatsapp, agar peserta aksi berkumpul di kawasan Gelora Bung Karno.

“Awalnya kita akan kumpul di Istiqlal, lalu berubah di GBK, khan rencana aksi ke Istana tagih janji Jokowi,” ucap Zainur, sesaat lalu (Senin, 14/1).

Dia juga menambahkan, selain lokasi berubah, ada pelarangan pembentangan spanduk dan orasi dengan alasan Presiden akan hadir di GBK dan sepakat akan memutuskan gaji perangkat desa setara PNS Golongan 2A beserta Tunjangannya.

“Sebaiknya kita kembali ke rencana awal,” demikian Zainur.

Presiden Bakal Temui Perangkat Desa

Sementara itu, secara terpisah, Presiden Joko Widodo bakal menemui puluhan ribu perangkat desa yang datang ke Jakarta untuk menagih janjinya.

Kepastian itu disampaikan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Bahtiar, kepada redaksi, sesaat lalu.

“Presiden akan menemui perangkat desa, didampingi pak Mendagri (Tjahjo Kumolo),” tegas Bahtiar, seperti dikutip dari rmol.co.