Deklarasi Dukung Jokowi-Ma’ruf, Gubernur Tegur 10 Kepala Daerah

Nasional

NOTULA – Gubernur Riau H Wan Thamrin Hasyim melayangkan surat teguran untuk 10 kepala daerah yang terang-terangan deklarasi dukungan untuk pasangan Capres dan Cawapres Joko Widodo – Ma’aruf Amin, 10 Oktober 2018 lalu.

“Sudah kami kirim surat teguran resmi. Kemarin tanggal 31 Desember, dua hari lalu sudah saya teken surat tegurannya,” jelas Wan Thamrin, Rabu (2/1).

Ditemui di kantor Gubernur Riau, Wan Thamrin menerangkan, sesuai arahan dari Kementerian Dalam Negeri, pihaknya tidak usah menegur secara lisan, tetapi tertulis.

“Isinya itu (kepala daerah) pertama tidak mempergunakan aset negara kalau kampanye, seperti menggunakan mobil plat merah dan sebagainya,” katanya.

Gubernur juga mengingatkan para kepada kepala daerah di Riau agar kejadian seperti 10 Oktober lalu tidak terulang kembali.

“Pokoknya yang begitu-begitu jangan sampai terulang lagi. Itu isinya. Arahan Dirjen Otonomi Daerah pak Sumarsono juga seperti itu. Jadi kita terjemahkan melalui surat itu,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otda Setdaprov Riau, Sudarman mengaku surat teguran terhadap 10 kepala daerah sudah diteken gubernur Riau.

“Suratnya sudah diteken pak gubernur. Sekarang sedang proses, mungkin hari ini kita kirim kepada yang bersangkutan karena kemarin libur,” tandas dia, seperti dikutip dari rmol.co.