Debat Capres Kemungkinan Hanya Digelar di Jakarta

Nasional

NOTULA – Debat kandidat pasangan calon presiden 2019 besar kemungkinan hanya akan digelar di Jakarta. Rencana penyelenggaraan di Aceh, Papua, dan Surabaya, hampir pasti batal

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman, mengatakan, ajang debat hanya akan dilangsungkan di ibu kota, berdasarkan usulan dua pasangan capres, Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Jadi, empat kali di Jakarta, satu kali di Surabaya. Tapi kan minggu lalu keduanya menginginkan di Jakarta semua,” kata Arief di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Rabu (19/12).

Menurut dia, KPU sempat menerima masukan agar debat Capres juga digelar di Aceh dan Surabaya. Namun dengan alasan efisiensi, kedua kubu pasangan Capres menolaknya.

“Tidak jadi, karena energinya besar. Karena pasti tim dari Jakarta harus berangkat ke sana semua. Energinya besar dan waktu tak efisien. Masukannya sebaiknya di Jakarta semua, makanya kita akan putuskan hari ini,” jelasnya.

Selain lokasi debat, rapat koordinasi KPU bersama tim kampanye juga membahas anggota tim panelis yang akan merumuskan pertanyaan, moderator, format, tema dan materi dalam ajang debat.