Datangi Mabes Polri, Amien Rais Siap Jadi Penjamin Habib Rizieq

Nasional

NOTULA – Tokoh reformasi, Prof Dr Amien Rais, bersama sejumlah tokoh dan aktivis yang tergabung dalam Anak-anak Bangsa, mendatangi Mabes Polri, menemui Kapolri Jenderal Idham Azis, menyerahkan penjamin penanggungan penahanan Habib Rizieq Shihab.

Menurut Amien, peristiwa di KM 50 Tol Jakarta-Cikampek dikhawatirkan memicu perpecahan bangsa menjadi dua kubu yang saling berhadap-hadapan, sebagai resultan terbunuhnya enam orang laskar FPI dan perkara kerumunan yang berujung ditahannya HRS.

“Untuk meredakan situasi yang makin panas dan tidak kondusif, serta demi tegaknya hukum dan keadilan, dengan ini kami menuntut kepolisian segera melepaskan HRS dari tahanan, dan sebagai gantinya, kami yang tercantum di bawah ini siap jadi penjamin,” kata Amien, di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (17/12/20).

Dia melihat, peristiwa di KM 50 Tol Jakarta-Cikampek merupakan tindakan yang memperparah stabilitas nasional. Patut diduga, kata Amien, telah terjadi kejahatan HAM berat dan tindak pidana teorisme.

“Ini tindakan tidak berperikemanusiaan yang melenyapkan nyawa anak-anak muda secara brutal, tidak dapat dibenarkan dan tidak ada alasan penghapus pidana,” pungkas Amien, seperti dikutip dari RMOL.id.

Bersama Amien Rais, tampak hadir antara lain KH Muhyiddin Junaidi, Abdullah Hehamahua, T Zulkarnain, Abdul Chair, Bukhori Muslim, Neno Warisman, KH Ansyufri Sambo, Syamsul Balda, Marwan Batubara dan Nurdiati Akma.