Bupati Sanusi Kunjungi Korban Longsor di Kasembon

Malang Raya

NOTULA – Senin (7/12/20), Bupati Malang, Drs HM Sanusi MM, kunjungan kerja ke Desa Pait, Kecamatan Kasembon, meninjau sejumlah lokasi yang terdampak tanah longsor, Sabtu (5/12/20) lalu.

Sanusi hadir didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Dr Ir Wahyu Hidayat MM dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang.

Pada kesempatan itu warga terdampak dikumpulkan di Balai Desa Pait untuk mendapat bantuan secara simbolis dari Pemkab Malang dan Baznas. Bantuan diberikan kepada lima kepala keluarga yang terdampak bencana longsor.

Hujan deras berkepanjangan mengakibatkan bencana tanah longsor hingga merusakkan lima rumah dan ruas jalan desa. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam musibah yang menimpa Dusun Selatri, Dusun Pait Utara, dan Dusun Barakan itu.

”Perbaikan kembali rumah korban dan infrastruktur bisa diatasi dengan dana tanggap darurat. Mohon bersabar, karena Pemkab Malang segera mengatasinya,” tutur Sanusi di hadapan warga.

Begitu juga dengan plengsengan, karena bahu jalan longsor maka harus segera diselesaikan. “Karena lokasi tempat tinggal berada di lahan curam, jika ada tanaman kayu atau pepohonan jangan sampai ditebangi,” pinta Abah, sapaan akrabnya.

Bupati mengingatkan, pepohonan dan tanaman kayu jangan sampai gundul, sebagai antisipasi agar tidak terjadi tanah longsor.

Dia juga menjelaskan, kunjungannya kali ini bagian dari panggilan tugas, karena masyarakat sedang membutuhkan sentuhan, pasca terkena musibah tanah longsor.

”Semoga bisa segera ditangani dan masyarakat bisa menjalani kehidupan normal kembali. Pemkab Malang pasti juga melakukan tindakan-tindakan antisipasi kebencanaan yang dikomandoi BPBD sebagai ujung tombaknya,” pungkasnya.