Buka Virtual Expo Produk UMKM, Bupati Sanusi: Praktika Ekonomi Masyarakat Kini Modern

Malang Raya

NOTULA – Bupati Malang, HM Sanusi, membuka Virtual Expo Produk Usaha Mikro Kabupaten Malang Tahun 2020, di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Selasa (22/12/20).

Expo kali ini diikuti sekitar 100 UMKM unggulan Kabupaten Malang, digelar di Batu Town Square Lantai I, mulai hari ini hingga 26 Desember.

”Pameran virtual ini merupakan salah satu langkah strategis, sekaligus wadah yang tepat dalam rangka membangkitkan geliat sektor usaha mikro Kabupaten Malang dalam menghadapi pandemi Covid-19,” tutur bupati dalam sambutannya.

Menurut Sanusi, saat ini pola aktivitas ekonomi masyarakat juga telah bergeser dari cara-cara konvensional, menjadi cara-cara modern, yang lebih praktis dan mudah.

“Sistem perdagangan pun dituntut siap menangkap peluang dalam kondisi seperti ini, dimana aktivitas perdagangan online mulai diminati dan berkembang pesat akhir-akhir ini. Apalagi pandemi Covid-19 juga membatasi interaksi dan aktivitas perdagangan konvensional,” katanya.

Pameran Virtual Expo Produk Usaha Mikro Kabupaten Malang tahun 2020, kata dia lagi, hadir sebagai sebuah inovasi, sekaligus sebagai etalase online, dimana produk usaha mikro Kabupaten Malang tetap dapat dinikmati dan dilihat secara virtual, namun tetap dikemas dengan lebih praktis dan menarik.

“Kemudahan seperti inilah yang diharapkan menciptakan iklim perekonomian masyarakat yang lebih dinamis, lebih mandiri dan memiliki ketahanan yang tidak mudah terdampak aktivitas pasar global, maupun akibat pandemi Covid-19,” tambah Sanusi.

Dia berharap kegiatan itu mampu menggugah kesadaran masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, dan terus mengkampanyekannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pameran virtual ini merupakan kelanjutan dari program pembinaan UMKM yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Malang, tujuannya meningkatkan potensi produk lokal, mengedepankan proses penciptaan nilai tambah, meningkatkan penyerapan tenaga kerja, dan mendorong pertumbuhan ekonomi baru.

Expo ini juga dapat menjadi wadah yang tepat, sekaligus menjadi gerbang bagi terbukanya peluang bisnis dan investasi di wilayah Kabupaten Malang di waktu yang akan datang.

Sanusi juga menambahkan, Pemkab Malang akan terus menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk Mercy Corps Indonesia melalui program Summer Act, dengan harapan geliat UMKM dan aktivitas perekonomian tumbuh signifikan, diikuti meningkatnya semangat para pelaku usaha untuk lebih produktif dan inovatif, menghasilkan produk berkualitas dan bernilai jual tinggi.

Pada kesempatan itu bupati juga menandatangani kerjasama antara Pemkab Malang dengan Indomart, Hotel Savana dan Malang Strudel, untuk pengembangan UMKM.