BPD Harus Mampu Menjalankan Tugas Pokok

Malang Raya, NOT-TV
NOTULA – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) memiliki tugas pokok strategis di dalam pemerintahan desa. Pesan itu daisampaikan pada pembinaan seluruh kepala BPD di Kabupaten Malang, Selasa (24/11/20) pagi.

Acara yang digelar di Akasia Ballroom, Savana Hotel, Kota Malang, itu dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Malang, Drs Suwadji SIP MSi, Balai Besar Kemendagri, Dra Endang Rahayu Setyaningsih MSi, Inspektorat Kab Malang, dan Asosiasi BPD Provinsi Jatim.

Suwadji mengatakan, BPD memiliki tugas fungsi yang strategis di dalam penyelenggaraan pemerintaan desa. “BPD hendaknya mampu melaksanakan tugas strategis, terutama pengawalan pengelolaan keuangan desa,” katanya.

Tugas pokok BPD, kata dia, pertama membuat rancangan, menyusun rancangan, membahas, dan menyepakati Perdes (Peraturan Desa), termasuk Perdes APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa).

Pembinaan kali ini juga menekankan bagaimana tugas BPD mengawasi kinerja kepala desa. Sehingga pengaturan pendanaan, pembangunan, dan keuangan, bisa berjalan baik.

“BPD pola hubungannya koordinatif, harus selalu koordinasi dengan desa. Konsultatif, konsultasi jika ada permasalahan,” tambahnya.

BPD juga harus memastikan mekanisme keuangan berjalan baik, tertib, aman, disiplin, partisipatif, transparan, dan akuntabel. “Artinya, bagaimana penyusunan dan penetapan APBDes tidak mengalami keterlambatan. Sehingga akhir tahun ini menetapkan APBDes 2021,” katanya.

Dia berharap BPD semakin mantap menjalankan tugasnya, memahami permasalahan di desa, dan mampu mengawal penyelenggaraan pemerintahan desa.

“Sehingga peran strategis BPD betul-betul bisa dilakukan, dengan mengedepankan komunikasi yang baik, penyelesaian masalah yang baik, dan hubungan yang baik,” pungkas Suwadji.